Membaca karakter

2 September, yah tepat hari ni.. 1 tahun yang lalu terjadi sebuah gempa yang cukup besar untuk meluluh lantahkan sebuah desa… gempa terbesar yang pernah dirasakan oleh sayah… benar-benar menakutkan.

oke kembali ke topik, membaca karakter.. disini saya tidak akan mengajarkan bagaimana membaca karakter, bagaimana mw membaca karakter membaca buku saja sulit.. hihihih.. ga denk.. jadi ceritanya saya sebagai kaskuser 😀 nemu trid yang katanya bisa membaca karakter orang dengan hanya tanggal lahir saja.. ini membaca karakter lo ya? bukan meramal.. atau memperkirakan masa depan.. kalo ada yang minat silahkan masuk aja ke tridnya dy.. dia baik ko  heheh :p **membaca karakter agan sekalian (80% akurat)**

iseng-iseng saya masukan tanggal lahir saya… tunggu sebentar… sebetulnya g sebentar juga sih.. soalnya saya lupa klo udah pernah masukin tanggal lahir.. dan tepat pada hari ni eh kemaren sih.. :p datanglah sebuah message yang berisi karakter sayah.. hahaha sebetulnya agak terkejut juga sih.. dengan hasilnya. ga nyangka hasilnya seperti ituh… wah…ada yang bener ada yang g juga sih 😀

baiklah.. dan hasil dari penerawangan orang ituh adalah…….

#1: * Berkepribadian menarik
#2: * Pengasih
#3: * Pemalu dan tertutup
#4: * Penuh rahasia
#5: * Jujur, pemurah dan simpatik
#6: * Menyukai ketenangan dan kedamaian
#7: * Sensitif akan kebutuhan orang lain
#8: * Suka melayani orang lain
#9: * Tidak mudah marah
#10: * Dapat dipercaya
#11: * Sangat berterima kasih dan selalu membalas
#12: * Pengamat dan penilai yang baik
#13: * Penuh dendam
#14: * Menyukai bermimpi dan berfantasi
#15: * Suka bertualang
#16: * Suka diperhatikan
#19: * Menyukai hal-hal khusus
#20: * Gampang berubah mood

heuuu.. ada 20 karakter yang dy kasih.. hehhe ehmm baiklah.. mari sebentar saya renungi apa karakter ini sudah tepat.. eh.. maksdnya cocok gtu dengan apa yang saya rasakan selama ini 😀

disini dikatakan saya mempuntai kepribadian yang menarik.. menarik apa ya kira-kira apakah menarik duit? menarik mobil? atau jangan-jangan menarik beca?? jiaahhh…. masa menarik beca 😦

ehmmm pengasih… asal jangan pengasih duit sih gapapa orang saya juga masih kekurangan ko soal itu mah.. hehehehe

pemalu dan tertutup.. hihhhih… jadi malu

penuh rahasia… wow rahasia apa ya? ahh ada deh… mau tau ajah.. 😀

jujur, pemurah, dan simpatik… hehehe pemurah mudah2an bukan berati murahan yah.. dijual 100juta juga belum dapat untung sayah… trus simpatik?? aduh… saya g simpatik ko.. kan saya aiemtrik 😀 hehheh

sensitip akan kebutuhan orang lain… ehmm mungkin maksdnya klo ada yang butuh duit saya pasti tau gtuh?? alah.. 😀

suka melayani orang lain???? pembantukah?? tidaaakkkk 😦

dapat dipercaya.. hehehe percayakan lah padaku.. aku takan menghianatimu.. ihihihih :p

sangat berterimakasih dah selalu membalas.. yah.. datang ke blog ini.. isi komen.. maka saya akan berterimakasih.. dan mengunjungi blog anda 😀

pengamat dan penilai yang baik… ada butuuh guru penilai.. hire me please heheheh :p ntar di kasih gde deh nilainya hahahah

Penuh dendam.. hehehehe apakah saya seorang yang seperti ituh yah… mudah2an tidak 🙂

Menyukai bermimpi dan berfantasi… ahhh bener sekali.. saya suka bermimpi… bahkan setiap tidur saya pasti bermimpi.. ya eyalahh.. eh BTW berfantasi.. fantasi apa ya?? ehehehe :p

Suka bertualang… si bolang donk sayah…. 😀

Suka diperhatikan.. ahhh masa sih.. g juga ah.. kecuali ma cewek cantik.. upss :p

Menyukai hal-hal khusus… ehmm… maksdnya apa ya?? ini mah beneran g ngerti…

Gampang Berubah mood… ehh bener bgt… saya seorang moody yang akut…. 😀

Advertisements

akhirnya…

malam, sepi dan sendirian.. kadang itu yang membuat mood sayah yah,, sayah,, saya pke h.. kenapa pke h karena sayah orang  sunda,, heheheheh lanjut.. membuat saya mempunyai mood untuk menulis.. ehmm.. tampaknya sayah lebih suka sendiri.. ehmm tapi malam ini sayah tidak ingin menulis tentang ituh.. tidak untuk untuk sendiri.. sayah bukan yang dulu… heu..

ehm.. puasa ramadhan tahun ini memang berbeda.. ya berbeda dari yang ramadhan yang lain… mudah2an dari segi amal juga beda yah.. lebih baik gtuh.. hehehe tapi bukan itu.. tapi… ehmm.. saya bukan seorang mahasiswa lagih.. yah.. saya sudah tamat… selesai…  setelah menyelesaikan skripsi saya, saya dinyatakan lulus.. lulus dari universitas yang aneh ituh.. hah.. iyah.. univ yang aneh memang.. tapi sudah lah..

walaupun dengan nilai yang.. yaahh… pas-pasan kali yah.. tapi yahh.. ternyata tidak mudah untuk menyandang gelar sarjana.. untuk skripsi saja sulitnya bukan main.. dari awal proses mengajuan proposal, lalu sidang proposal, lanjut tahap bimbingan (yang ternyata lebih membuat saya stressss), seminar, lalu sidang.. saya lewati dengan susah payah.. seperti masuk lubang jarum… heuu..

beruntung saya mendapat pembimbing yang luar biasa baik… yah… saya pantas menyebutnya luar biasa.. karena memang tidak biasa.. walaupun setiap bimbingan.. yah.. hampir setiap bimbingan.. selalu saja dimarahin.. kurang ini lah.. kurang itu lah.. tapi sebetulnya sangat meringankan… asal mau berusaha.. pasti lancar… heuu.. terima kasih ya pakk… heheheheh

ehmm terus terang awalnya tidak terlalu bangga akan gelar sarjana yang akan saya raih.. S.Kom iaaakkkk S apa?? skom?? s-kompor?? 😀 heheh tapi ternyata mendapatnya itu tidak mudah… saya harus mengeluarkan seluruh kemampuan yang tidak terlalu banyak ini,, ehmm.. saya memang bukan mahasiswa dewa yang dapat menguasai seluruh matakuliah.. hehe.. 6 bulan saya berjuang dan akhirnya saya mendapatkan gelar ituh.. hehehe… ahh.. sekarang saya mengerti.. kenapa orang-orang rasa bangga sekali apabila menyadang gelar sarjana… sampai-sampai membuat tulisan terima kasih.. terima kasih untuk si inih.. terima kasih untuk si ituh.. heheh

ehmm mungkin saya juga perlu membuat ucapan itu,,, karena mereka membuat saya selalu bersemangat untuk membuat sebuah skripsi walaupun sayah sudah depresii… heheh ok kita mulaii oia..

1. untuk yang pertama.. saya ingin mengucapkan terima kasih kepada… komputerku sayaaangg.. iyah.. komputer tua dengan CPU dual core, yang mainboardnya udah rusak.. sering ngehang.. mati sendiri tapi masih rela di jelali sekian banyak data dan masih idup ampe sekarang (ajaibbbb!).. dipaksa berpikir cepat.. di ajak begadang ampe pagi… demi mengejar deadline.. bener2 jasamu tiada tara,,, 😀

2. laptop mama.. yah.. laptop yang selalu menemaniku dimarahin saat bimbingan, saat seminar, mempresentasikan hasil kerjaku.. saat sidang.. walaupun kita di ledekin karena pke wenduzzz ilegal.. ihihi.. mudah2an gada polisi dan gada yang manggil polisi.. terima kasih udah memenin disaat2 sulit..

3. hape modemku.. ahh.. walaupun kamu dipake klo bimbingan ajah.. untuk demo program dan selalu dikomplain karena koneksinya lambat.. arghh itu mah providernya ajah yang lelet.. padahal kan sudah 3g.. hehe, ternyata hape ini 1 tipe ma hapenya pembimbing.. jiaahhh…. hehehehe

4. eka… heuu… ahh… makasih yah… kmu udah menyemangatiku dari jauh.. seseorang yang paling mudah dihubungi ketika dibutuhkan.. ketika rasa tertekan itu datang….  pengusir rasa jenuh yang paling efektip.. heheeh kita memang jauh.. tapi hati kita g jauh kan?? hehehe

5. teman sd yang muncul beberapa bulan sebelum saya menyiapkan skripsi.. ahh… kalian menjadi… ehmmm apa istilahnya.. heuu.. pengingat.. ahh ntah lah.. yang pasti.. saya selalu mengingat momen2 yang sedikit saya ingat dari kalian.. yah.. saat depresi.. saat2 itu menjadi lebih menyenangkan.. membuat pikiran saya fresh.. seperti tombol F5 yang di tekan.. 😀

6. teman-teman 1 pembimbing.. ahh.. kalian adalah pnyemangat, penenang, dan teman berjuang… walaupun awalnya tidak saling kenal… haha.. senang bertemu dengan kalian..

6. teman-teman W3C kaskus… yah.. teman-teman yang gilaaa.. yang memberi ruang untuk nge-junk.. sebebas-bebasnya ngejunk… yang membuat saya tertawa padahal lagi stresss.. dengan kejang-kejang kalian yang kadang diluar nalar sayah… aduh.. di dunia ini ternyata ada orang macam kalian… tapi sekaligus guru.. tempat bertanya tentang aplikasi yang saya buat.. saya banyak belajar dari mastah-mastah disana 😀

ehmm sapa lagi yah?? hehehe waahhh udah ah.. udah malam 😀

Kenapa Persahabatan Bisa Putus?

haaaa… iseng-iseng nulis sebelum buka.. setengah jam lagih hufttt masih lama 😀

jadi ceritanya saya sedang bosan.. jadi iseng-iseng buka-buka email yang udah lamaaaaa banget.. eh nemu yang ginian.. pengirimnya seorang teman blogger yang sekarang udah jadi ibu.. iyah.. dy sudah menjadi ibu… heuu.. sayangnya dy udah g aktip lagi nulis… jadi isi emailnya menjelaskan kenapa persahabatan bisa putus… 😀 isinya kyk gini. di simak deh

Kenapa Persahabatan Bisa Putus …?
Karena Kadang kita sama-sama Berpikir
: “Ah.. mungkin dia lagi sibuk..”
Akhirnya Ga Jadi Ditelepon…terkadang , kita berfikir takut mengganggu.
lama-kelamaan ..,
Jadi Cuek. ..,
Akhirnya Muncul Pemikiran : Ngapain Sich Gw yang Hubungi dia Duluan….
Kalau sudah begini, Cinta kasih dalam Persahabatan itu Sudah Berkurang. .
Alhasil Tidak ada lagi hubungan . ..,
Aku tidak mau menjadi orang seperti yang tadi …
Aku mengirimkan email ini,
sebagai penggantiku , ngucapin..
salam buat teman- teman semua..,
dimanapun kita berada, kita tetap saling menyayangi…
*wHen Something happens to You, Good or bad, CoNsider what  it means. There’s a purpose to Life’s events, to teach You, how to Laugh More or not to Cry too haRd*

Kenapa Persahabatan Bisa Putus …?

Karena Kadang kita sama-sama Berpikir: “Ah.. mungkin dia lagi sibuk..”

Akhirnya Ga Jadi Ditelepon…terkadang , kita berfikir takut mengganggu.
lama-kelamaan ..,

Jadi Cuek. ..,

Akhirnya Muncul Pemikiran : Ngapain Sich Gw yang Hubungi dia Duluan….
Kalau sudah begini, Cinta kasih dalam Persahabatan itu Sudah Berkurang. .
Alhasil Tidak ada lagi hubungan . ..,

Aku tidak mau menjadi orang seperti yang tadi …
Aku mengirimkan email ini,
sebagai penggantiku , ngucapin..
salam buat teman- teman semua..,
dimanapun kita berada, kita tetap saling menyayangi…
*wHen Something happens to You, Good or bad, CoNsider what  it means. There’s a purpose to Life’s events, to teach You, how to Laugh More or not to Cry too haRd*


haaaaa….. sedih bacanya.. semua memang harus berubah.. bahkan ketika kita tidak ingin berubah.. kita tidak bisa menhindari perubahan…ehmm..

tidak mempunyai judul

hahah.. kenapa ya ga ada judul.. kadang saya terlalu malas untuk memikirkan hal-hal yang kecil  seperti itu… ahh bukan kecill.. tapi sepele.. yah.. memberi judul di postingankan hal yang sepele… padahal banyak pilihan untuk ituh..

bisa saja dikasih judul… ehhmm… akhir dari perjuangan.. atau akhirnya.. atau seperti yang lain.. yang agak puitis… hampa.. atau terlalu indah atau dilema eh emang itu puitis ya? 😀

jadi apa yang akan ditulis kali ini.. aarggh.. klo ga punya ide ya nulis.. cm nyampah.. hehehe :p tapi menulis memang mengasikan.. apalgi klo nulis skripsi ampe mabok tah nulis.. kejang-kejang… heheheheh

katanya nulis tuh mencirikan cara berikir kita.. hah.. kata sapa??? seenggaknya itu kata saya?? heheh sok bkin teori.. hehe tapi sepertinya bener.. klo kita mau tau bagaimana cara berpikir seseorang.. bahkan sifat kita bisa lihat dari apa yang ditulis..

ehmm klo gtu.. dari tadi saya menulis g jelas gini, berati saya adalah orang yang g jelas.. hahaha.. sialll

ehmm.. sebetulnya ini cm iseng.. 😀 iseng lagi.. dari kepusingan membuat dan lain2 dari skripsi.. iyah.. skripsinya kan udah dianggap beres jadi sekarang yang lain2nya.. hehhe

ehhmmm… g kerasa.. menuntut ilmu dilembaga formal akhirnya nyampe juga setinggi ini.. padahal dulu.. rasanya g mikir ampe setinggi ini.. dulu??? iyah.. waktu SD.. alaaahhh waktu SD.. yang ada juga mikir gmana biar dpet kaleci yang banyak… hehehee,,,

ehhmm… SD.. g bnyak yang saya ingat waktu SD,, iyah,, karena karena saya tidak terlalu bisa mengingat hal2 detail.. padahal di SD tuh.. paling lama.. 6 tahun.. tapi jujur sepertinya saya  g pernah kenal dengan smua temen sekelas.. heheh parahhh… atau mungkin cm tau wktu itu ajah.. hehe.. tapi di emang disana masa2 menyenangkan.. yahh.. sangat menyenangkan… 😀

klo orang nulis diblog.. ko kyknya gampang bgt yah,, ampe kebawah gtu… mungkin ada 1000 kata lah klo saya yang nulis paling 300 kata..:D trus kenapa?? masalah?? hehehe.. yeahh..

gila… parah bener ya ni tulisan.. sebernernya mw critain apa coba?? muter2 g jelas.. kira2 ada yang komen g ya?? trus komennya apa?? bisa g ya komennya gini.. “wah blognya keren.. tulisannya bagus sekali… bener2 inspiratip… ntar2 aq belajar nulis ma kmu ya… keren-keren” hehehehe streess… bodo ah.. blog2 saya.. yang nulis… ini pikiranku.. semua ini ada dipikiran ku.. yahh.. seenggaknya saya selalu merasa unik gada lagi yang kayak sayah.. *di timpukin bata*  hihiih

ehmm.. mungkin sebagian akan menilai saya gila??? alaahhh yang gila tuh yang nilai.. nilai tuh gada gila.. adanya 1-10.. gtu.. hehehe ngaco..  udah ah… ni mah cm biar blognya g terlalu sepi.. soalnya domainnya beli sih.. pke duit lagi.. cb pke daon.. saya bagiin ke yang baca.. hehehe

corat-coret tengah malam

huaahhhh… udah lama g nyoret2 disni.. 😀 kasian juga ni di anggurin.. abisna yang punyanya lagi sibuk skripsi.. hhehe.. kelamaan dibiarin juga g bgs..

jadi tengah malam gini enaknya nulis apa ya? ehmm bikin skripsi tuh capek parah.. berhubung skripsinya ada dua bagian 1 dokumentasi satunya lagi aplikasi, jadi berasa banyak banget..

apalagi yang ngerjain sendiri.. dikejar waktu pula.. belum lagi kalo bimbingan suka dimarahin.. aduuhhh  kerasa pisan capek.. ni juga seberna cuma iseng nulis2.,  heuu oia klo mw liat aplikasinya langsung masuk aja

ke http://www.biobses-online.com hehehe :p walaupun hasilnya bener2 amatiran ya lumayan lah jadi.. hahaha

malam-malam denger lagu-lagu yang udah lama-lama rasanya ingatan lompat-lompat (ha-ha :p )… emang sejak kapan ingatan bisa lompat 😀

ingatan yang mungkin udah tenggelam.. atau mungkin tiba-tiba keinget hal-hal yang kadang g penting.. hehe lucu.. ingatan pindah-pindah kesana kemari.. ke hari kemaren., seminggu yang lalu, stahun, waktu SD.. balik lagi ke 2 tahun yang lalu.. lompat ke jaman SMA… heuu mungkin musik emang punya kemampuan hipnotis yang bisa membuat orang ( atau mungkin juga cm saya saja 😀 ) mengingat hal-hal yang udah lalu… heuu..

oia.. saat ini cm ada 6 lagu diplaylist di putar berulang2… ampe bisa apal liriknya.. hahaha

ke enam lagu itu adalah

1.radio head – creep

2. padi-begitu indah

3. bic runga-sway

4. the cure – love song

5. vertical horizon- Best i ever had

6. padi-hitam

haha.. lagu lama smua kan?? hehe tapi masih asik di telinga.. malah lebih enak jadi lagu2 sekarang.. 😀 klo yang mw dengerin juga. klik aja linknya.. direct donlot ko..

ehmm.. tengah  gini ternyata masih ada yang bangun… sms nanyain SSL gratisan.. ehehe ada-ada ajah..

udah malam.. udah ah.. iseng-iseng g pentingnya.. hahha..

introvert

Introvert bukanlah kata asing bagi saya.. semenjak mendapat hasil tes psikologis yang saya ikuti.. ehmm mungkin tidak 100%.. mungkin 99% hehehe.. sama ajah,,, heheh. Sebetulnya udah lama pengen nyari-nyari soal ini, tp baru sekarang nyari.. hehe.. soalnya kadang moodnya naik turun.. kadang mood kadang g. dimulai dari mbah gugle saya dikenalin ma om wiki ternyata yang saya dapat adalah

Introversion is “the state of or tendency toward being wholly or predominantly concerned with and interested in one’s own mental life”.[3]archetypal artist, writer, sculptor, engineer, composer, and inventor are all highly introverted. An introvert is likely to enjoy time spent alone and find less reward in time spent with large groups of people, though they tend to enjoy interactions with close friends. They prefer to concentrate on a single activity at a time and like to observe situations before they participate[4]. Introverts are easily overwhelmed by too much stimulation from social gatherings and engagement. They are more analytical before speaking[5]. Introverts tend to be more reserved and less outspoken in large groups. They often take pleasure in solitary activities such as reading, writing, drawing, and using computers. The

Introversion is not the same as shyness or the social outcast. Introverts choose solitary over social activities by preference, whereas shy people avoid social encounters out of fear[6] and whereas the social outcast faces solitude, but not by choice.

karena bahasa inggris saya pas-pasan.. jadi tanya lagi deh k mbah gugle katanya seperti ini Introvert adalah “keadaan atau kecenderungan yang seluruhnya atau sebagian besar terkait dengan dan tertarik pada kehidupan mental seseorang” [3 introvert]. Cenderung lebih pendiam dan kurang vokal dalam kelompok besar. Mereka sering menikmati kegiatan soliter seperti membaca, menulis, menggambar, dan menggunakan komputer. Tipikal seniman, penulis, pematung, insinyur, komposer, dan penemu semua sangat tertutup. Sebuah introvert cenderung untuk menikmati waktu yang dihabiskan sendirian dan menemukan hadiah kurang waktu yang dihabiskan dengan kelompok-kelompok besar orang, meskipun mereka cenderung menikmati interaksi dengan teman-teman dekat. Mereka lebih memilih untuk berkonsentrasi pada aktivitas tunggal pada satu waktu dan seperti untuk mengamati situasi sebelum mereka berpartisipasi [4]. Introvert mudah kewalahan oleh stimulasi terlalu banyak dari pertemuan sosial dan keterlibatan. Mereka lebih analitis sebelum berbicara [5].

Introver adalah tidak sama dengan rasa malu atau dikucilkan. Introvert memilih soliter terhadap kegiatan sosial dengan preferensi, sedangkan orang-orang pemalu menghindari pertemuan sosial karena takut [6] dan dikucilkan sedangkan wajah kesendirian, tapi tidak dengan pilihan.

oke ternyata terjemahannya agak kacau tapi udah mendekati 😀 jadi katany seorang introvert mempunyai kecenderungan untuk menyendiri, pendiam, tidak terlalu suka berinteraksi dengan banyak orang bukan pemalu dan ngerasa dikucilkan lo.. heu, dari sumber lainnya saya mendapatkan introvert dapat didefinisikan sebagai kekurangan minat terhadap lingkungan luarnya, seperti teman, pelajaran, dan sebagainya, mungkin karena itu prestasi saya tidak terlalu bagus karena kadang ditengah jalan saya kehilangan mood.. heeeheh kalau boleh mengingat dari jaman SD rasa susah sekali untuk dapat nilai yang paling baik, rangking saya pun turun naik, kadang bagus kadang kelaut ajah, rangking tertinggi saya waktu SD adalah 4, eh tapi itu mah kyknya di si 1, si 2, dan si 3, gak mau ngalah.. heheeh :p begitu juga SMP, SMA, sampai kuliah untuk tingkat yang ini banyaknya kelaut ajah.. hehee , secara psikologis seorang introvert memang membutuhkan sendiri, itu seperti ngecas batere dan sama menyenangkannya seprti makan dan tidur, karena pada dasarnya introvert tidak terlalu suka dikeramaian, walau setelah itu biasa lagi.. jadi jangan heran klo orang yang “gtu” (baca: introvert) tiba-tiba diam, seperti murung, dan kalau ditanya kenapa, trus dijawab g kenapa-kenapa, tapi mukanya kyk ada masalah… tp itu jawaban jujur lo.. heu..

Seorang introvert berbicara apabila ada informasi yang ingin disampaikan, setelah itu ya diem lagi, makanya seorang introvert g terlalu suka basa basi, ini yang jadi masalah, kadang mereka dianggap sombong karena g suka basa basi, dan akhirnya g punya temen.. hehehe orang yang seperti ini cenderung berpikir sebelum berbicara, makanya kadang ketika tidak memikirkan apapun, seorang introvert tidak bisa berbicara, makanya kalo saya diajak ngobrol jarang bgt bisa bicara lama… soalnya harus berpikir dulu kalo berbicara.. heheh  malah kadang putus di tengah jalan, akhirnya g nyambung,, dan garing.. ehhe oleh karena itu apabila harus persentasi, saya bener2 memikirkan apa yang harus di bicarakan, agar tidak terputus ditengah jalan, yang jadi masalah adalah apabila ada materi baru yang harus di bicarakan.. maka hancurlah semua pikirannya… dan yang keluar adalah sisa-sisa pemikiran yang kadang g jelas apa yang di omongin.. hehehe

walaupun introvert identik dengan halusinasi, khayalan, dan sangat berorentasi pada pemikirannya sendiri, ternyata omongannya terkadang berisi dan inspring, cenderung teoritis. yeahhh… hehehe instrovert juga bisa banyak bicara, tapi kalo ketemu orang yang mempunyai pikiran sama, dan bisa mengakomodir pikirannya. jadi samakan seorang yang introvert dengan orang yang sombong, asosial, dan kalimat negatif lainnya.. mereka hanya butuh sendiri..

Belanda, si Tukang Bangunan

"Mendengar kata belanda pikiran saya selalu berpikir tentang penjajahan, ya karena negeri kincir angin ini menetap hampir selama 350 tahun,  dan meninggalkan jejaknya selama tinggal disini, di indonesia, terutama di Bandung sebut saja gedung Merdeka, Gedung Meseum Geologi, atau gedung sate yang memang bangunan peninggalan belanda dan masih bisa temui sampai saat ini.

Belanda memang negara kecil, luas wilayah kurang lebih 41.526 KM2, Belanda mempunyai ilmu teknik sipil dan bangunan yang sangat baik dan salah satu yang terbaik didunia, liat saja bangunan-bangunan yang dibuat pada jamannya Daendels dan masih berdiri tegak sampai saat ini, walaupun sempat terkena guncangan gempa 2 September 2009 kemaren (mudah-mudahan g kejadian lagi… serem..). ehmm bagaimana kalau kita sedikit mengulas bangunan yang dibuat pada jaman belanda dulu yang ada di kota Bandung.

Mari kita mulai dari gedung sate…

Gedung sate jaman dulu
source= http://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Sate
Gedung sate jaman sekarang
Source = http://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Sate

Gedung yang terkenal dengan oramen tusuk satenya itu dibangun pada tahun 1920 dan rampung pada bulan September 1924 ini, dulunya dikenal dengan nama Gouvernements Bedrijven (GB), bangunan yang terletak di Jln Dipenogoro, Bandung ini di rencanakan oleh Ir.J.Gerber, arsitek muda kenamaan lulusan Fakultas Teknik Delft Nederland, Ir. Eh. De Roo dan Ir. G. Hendriks serta pihak Gemeente van Bandoeng, diketuai Kol. Pur. VL. Slors dan dibuat dengan gaya arsitektur indo-eropa dijadikan kantor Gubernur Jawa Barat dan berada dikompleks kantor DPRD jawa barat.

kita lanjut ke Gedung Meseum Geologi..

scr http://museum.grdc.esdm.go.id
scr http://www.google.com

Gedung yang mulanya dikenal dengan nama Geologisch Laboratorium masih terletak di Jln Dipenogoro ini dulunya dipakai untuk pusat penelitian geologi dan sumber daya mineral , sekarang digunakan sebagai museum. latar belakang pendirian museum ini tidak jauh dari penelitian-penelitian barang tambang, dan terkait revolusi industri yang membutuhkan sumber mineral untuk menggerakan keperluan industrinya. Bangunan ini didirikan pada pertengahan 1928 dan selesai 11 bulan kemudian.

dan kita sekarang di  Gedung Merdeka..

src http://www.google.com
src http://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Merdeka

ehhmmm bangunan ini gak banyak berubah dari jaman dulu ampe sekarang, didepannya tetap ada hotel savoy homann, hotel terbaik dikota Bandung dan yang paling sering dijadikan tempat untuk foto pre-wedding hahaha… bangunan ini biasa dikenal dengan gedung asia-afrika karena dulunya dipakai  untuk menyelenggarakan KTT asia-afrika. Bangunan yang dirancang oleh Van Galen Last dan C.P. Wolff Schoemaker yang awalnya bernama SOCIËTEIT CONCORDIA dipergunakan untuk area rekeasi dan pusat kesenian.

keberadaan Belanda di Indonesia sebetulnya sangat menguntungkan bagi Indonesia. Dengan ilmu  dan inovasi yang dilakukan oleh Belanda, Indonesia mejadi lebih berkembang hampir dalam segala bidang karena orang pinter jaman dulu, para pemimpin kita menempuh pendidikannya di negeri Belanda. Sedikit banyak pemikiran-pemikiran mereka terpengaruhi dari negara itu. Continue reading “Belanda, si Tukang Bangunan”