Review Honda Brio E MT 2014

Sebenernya di sini gak bakalan review-review amat sih, jadi kalau anda mencari referensi tentang honda brio yang serius, silakan cari yang tulisan lain.

Ok.. Jadi ceritanya satu bulan yang lalu, saya menukar honda jazz I-DSI, ke Honda Brio E tahun keluaran 2014. Dari berbagai sumber, saya mendapatkan data teknis, mobil yang mempunyai mesin Honda i-VTEC 1,2 L 4 selinder, mempunyari daya maksimal sebesar 90 tenaga kuda di putaran mesin 6200 RPM, dan torsi 114 Nm di putaran mesin 4900 RPM, mempunyai feature DBW, EPS, dual airbag SRS, dan ABS. BTW data teknis ini belum tentu tepat sih, jadi ya udah lah yah.

Sebagai orang yang terbiasa dengan Honda Jazz, pertama kali masuk ke kabin Honda Brio ini adalah kecil, dan berisik, kekedapan kabin mobil ini, agak kurang sih, jadi suara ban dan suara-suara lain di luar mobil masuk ke dalam, bahkan suara ACpun terdengar di dalam kabin, tapi hal ini bisa dimaklumi, ini mobil kelasnya LCGC, yang mana punya stigma mobil murah, jadi beberapa aspek kenyamanannya kurang, karena tujuan dibuat mobil ini adalah murah, irit, dan ramah lingkungan.

Mobil ini dilengkapi dengan feature drive by wire (DBW), yang artinya, setiap anda menginjak gas, bukaan gas tidak langsung ke mesin, tapi memberi intruksi ke ECU untuk meningkatkan putaran mesin, jadi anda tidak bisa ngegeber-geber mesin dengan cara menarik kabel gas di mesin. Feature ini membuat akselerasi mobil menjadi lebih halus, dan cocok banget untuk pengemudi yang kakinya kasar, dan terbiasa membuat penumpang mabok perjalanan. Akan tetapi untuk transmisi manual, agak sulit untuk mengatur tenaga, karena selalu terjadi delay ketika gas diinjak, apalagi ketika berangkat untuk pertama kali, yang biasa terjadi, putaran mesin belum naik, tapi pedal kopling sudah lepas sepenuhnya, jadi mobil terasa seperti hilang tenaga dan mau mogok, bahkan bisa mati sama sekali. DBW ini sepertinya lebih cocok untuk transmisi automatis, karena akan membuat mobil melaju dengan halus.

Dari review lain, mobil ini mempunyai kaki-kaki yang cukup keras, dibanding mobil sekelasnya. Tapi hal ini membuat mobil tidak limbung ketika menikung dengan kecepatan yang cukup tinggi, jadi sebetulnya mobil ini cukup nyaman dan menyenangkan untuk dikendarai, bahkan jika dibandingkan Jazz 2004, rasa berkendaranya lebih menyenangkan, walaupun berisik.

2 thoughts on “Review Honda Brio E MT 2014

Komenin Atuh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.