Setelah 10 Tahun

Saya tahu, di tanggal ini, 10 tahun yang lalu, kamu punya pertanyaan. Pertanyaan aslinya, bagaimana ya keadaan 4 tahun lagi? Tapi pertanyaan itu baru bisa saya jawab sekarang, 10 tahun kemudian. Di tahun keempat yang harusnya saya bisa menjawab semua pertanyaan, tapi keadaannya terasa masih kacau, dan sekarang keadaannya sudah lebih baik, jauh lebih baik.

Apa yang terjadi setelah itu? Yang terjadi adalah, ternyata kalian bisa bersama.. selamat… Tapi tidak lama, dia harus memilih jalan yang lain, dan kamu… Kacau.. yah tidak mudah menerima keadaan itu, kamu berusaha untuk tetap hidup, tapi tenang, dia masih bertahan denganmu, tidak melepaskan kamu begitu saja, walaupun sebenernya itu hanya akan membuatmu lebih terluka, tapi waktu itu rasanya kalau ada dia semua akan baik-baik saja, gapapa.. kamu tetap bisa melanjutkan hidup..

Lalu kamu akhirnya membuat sebuah keputusan yang besar, keputusan yang akan membuat kamu merasa begitu bersalah, dan berharap bisa mengulang waktu agar semua tidak terjadi, tapi waktu tidak akan pernah kembali, dia tidak akan berjalan mundur walau satu langkah, hidupmu akan terus berjalan, dan beban akan terus kamu tanggung, gapapa… Semua orang melakukan kesalahan, dan itu tidak membuat kamu menjadi jahat.. kamu hanya membuat keputusan yang salah.. sudah itu saja.

Waktu terus berlalu, dan kamu akan berada di satu titik, menemukan cara untuk melepas dia, kamu biarkan perasaan itu mengalir, mungkin juga hilang, walaupun ingatanmu masih cukup mendetail. Dan sekarang, kamu punya hidup yang lebih ringan, setelah banyak hal kamu alami, akhirnya kalian memang harus selesai.. dan sudah.. kamu menjadi diriku yang sekarang.. tak ada lagi langkah gontai.. tak ada lagi, berdiam dalam kesedihan..

Semua berubah semuanya, semua senja yang kamu liat, menjadi senja yang biasa saja.. tapi itu yang memang harus terjadi, ya kan?

Komenin Atuh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.