Orang Biasa

“Aku gak ngerti, sama tulisan kamu.”

“Yang mana?”

“Yang bahasa inggris semua itu.”

“Haha.. yang ada lagunya jhon legend? Kenapa emang?”

“Ya kamu coba baca lagi deh.”

“Hemm.. coba yah….”

“………”

“Iya juga yah, aku nulis apaan coba?”

“Nah kan, kamu aja gak ngerti, apa yang kamu tulis, apalagi aku.”

“Haha.. ya intinya sih, kita tuh cuma orang biasa, yang kadang membuat pilihan, yang ternyata pilihannya tuh gak tepat, dan setelahnya banyak hal yang terjadi, lalu menyesal.”

“Lalu?”

“Ya sudah, kadang ada pilihan yang memang tidak bisa ditarik, tidak bisa dikembalikan seperti sebelumnya. Pilihan yang membuat semua hal berubah.”

“Lalu?”

“Lalu… mau tidak mau, kita berjalan di pilihan itu dengan semua konsekuensinya. Konsekuensi dari sebuah pilihan itu yang sebenernya bikin berat. Kadang ada pilihan yang memaksa kamu mengubah apa yang ada dalam diri, membentuk diri yang baru, yang sama sekali berbeda dengan dirimu di masa lalu.”

“Perasaan tulisannya gak bilang gtu deh.”

“Haha.. iya sih, itu tulisan rasa bersalah, atas sebuah pilihan sih, kadang aku memilih hal yang ternyata bikin banyak orang tersakiti.”

“Pilihan apa emang?”

“Hem? Pilihan berganda.. hehe. Kita semua tuh emang hidup untuk memilih, bahkan ketika kita dipilihkan, sebetulnya kita memang memilih untuk dipilihkan..”

“He? Gimana?”

“Iya.. sama seperti tidak memilih sama sekali, itu sama aja dengan memilih untuk dipilihkan.”

“Aku makin gak ngerti apa yang kamu bicarakan.”

“Kenapa manusia diberikan akal untuk memilih ya? Kenapa kita, manusia tidak dibiarkan saja hidup dengan naluri, seperti sapi,, atau kelinci? Yang hidupnya, cuma makan, tidur, berkembang biak, lalu mati… bisa karena umur, bisa karena disembelih.. atau dimakan predator. Kamu sadar gak sih? Kalau manusia seperti itu, dunia akan lebih baik?”

“Lalu apa hubungannya dengan pilihan itu?”

“Hubungannya? Complicated.. Tapi yang pasti, kita bisa memilih karena kita punya akal. Tuhan tuh cuma ngasih 1 kelebihan kepada manusia di antara makhluk-makhluk lainnya, yaitu akal. Kita tuh gak dikasih bulu, kita gak dikasih pencernaan yang cukup kuat untuk mencerna bahan mentah, bahkan sistem imun kita tuh, kayaknya paling lemah deh di antara makhluk-makhluk lain.”

“Kata siapa? Itu sushi, sama lalaban kan bahan mentah.”

“Ya tapi kamu makan dipilih dan dibersihkan dulu kan? Gak kamu makan ikan utuh gitu, kita bahkan gak boleh makan daging ayam mentah, padahal kalau liat buaya, atau singa makan ayam, mereka bisa makan mentah dan makan semuanya.”

“Emang singa sama buaya, makannya ayam?”

“Ya… bukan juga sih, tapi aku yakin, dua makhluk itu kalau dikasih ayam, gakan minta dibersihin dulu bulunya.. apalagi sampai minta dibikin opor.”

“Ya.. masuk akal sih. Emangnya kenapa kalau manusia cuma dikasih akal?”

“Bukan cuma sih.. Akal tuh kayak senjata terkuat di alam semesta.. kalau misalnya tidak ada kehidupan lain di luar sana yang lebih canggih yah.. Kamu sadar gak sih, dengan akal aja, kita bisa berpikir bagaimana cara melindungi diri dari udara dingin dan panas, kita bisa mengolah makanan kita agar menjadi aman dikonsumsi, kita bahkan bisa membuat lingkungan kita aman dari segala macam ancaman.”

“Lalu? Arah pembicaraan ini tuh kemana sih?”

“Gak kemana-kemana sih.”

“Lahh terus? Lalu inti tulisan bahasa inggrismu itu gimana?”

“ya intinya sih aku punya rasa bersalah, karena satu pilihan.. Sebuah pilihan yang dibuat, yang melibatkan akal. Itu!”

“…..”

 

 

3 thoughts on “Orang Biasa

  1. Aku jg smpet mikir. Knp kucing ga gosok gigi tp ga prnh sakit gigi. Knp ikan paus punya paru-paru tp ga pernah kena paru-paru basah. Knp pohon pisang berjantung tp ga prnh kena serangan jantung wkwkwkw..

    Ngomongin pilihan, aku rasa hidup tuh kayak film, udah ada sutradara yg nentuin kapan waktu kita nangis, ketawa & mati.

    Like

    1. Heuheu kucing gak pernah sakit gigi, soalnya dia gak pernah makan permen heuehu..

      Yaaa.. Terlepas dari itu, memilih udah jadi kayak hidup itu sendiri sih.. Kita hidup untuk memilih.

      Like

Komenin Atuh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.