Ketidakpastian Yang Pasti

Hidup adalah kepastian akan ketidakpastian. Tidak ada yang pasti dalam pasti dalam hidup ini. Bahkan untuk urusan rejeki, jodoh, dan kematian. Kita tidak akan pernah tahu, kapan, dimana, bagaimana, dan dengan siapa hal-hal itu akan terjadi. Kita hanya bisa menunggu, biar tugas waktu yang mengantarkan kita kepada ketidakpastian. Pada akhirnya kita hanya berjalan menuju ketidakpastian itu.

Hidup adalah soal ketidakpastian, dan karenanya, kita mempunyai banyak pilihan. Memilih ketidakpastian mana yang akan kita buka. Rasanya ini bukan tentang benar atau salah, tapi tentang bagaimana hidup ini akan berlanjut. Tidak peduli kita memilih A atau B, kanan atau kiri, satu atau nol, hidup kita akan selalu berubah karena pilihan itu, termasuk… ketika memilih untuk tidak memilih.. bukankah itu juga sebuah pilihan?

Manusia dapat merencanakan apa yang akan dia pilih kedepannya, hampir tidak ada batasan untuk itu, tapi tuhan, terkadang menawarkan pilihannya sendiri. Silakan manusia berencana memilih A, tapi tawarannya hanya “B” dan “C”, lalu mana yang kita mau pilih? “B” atau “C”? Atau,,,, tidak memilih sama sekali?

Hidup adalah ketidakpastian yang pasti, dan kita, harus tetap memilih, bagaimanapun, tawaran pilihan akan selalu datang… silakan berencana.. tapi tuhan, yang akan selalu menentukan.

Advertisements

One thought on “Ketidakpastian Yang Pasti”

Komenin Atuh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s