LifeHack Mengatasi Tabung LPG Yang Bocor

Sebagai manusia modern, kita tidak akan bisa lepas dari tabung LPG, kenapa? Karena pemerintah nyuruh masak pakai gas LPG, kecuali kamu anak kos yang bergantung hidup sama masakan mbak mbak warteg. 

Kemaren-kemaren saya beli gas LPG ukuran 3KG.. Btw LPG itu bentuknya kan cair yah, kenapa satuannya gram ya? Bukan liter? *halah*. Dan ternyata tabung gasnya itu bocor. Sebetulnya bocornya itu kecil, jadi gak ketahuan, saya cuma nyium bau gas, karena penasaran saya coba masukan tabung ke ember berisi air, dan dipastikanlah bau gas itu berasal dari tabung LPG. 

Sebagai orang yang suka baca artikel random, saya ingat pernah baca cara menambal teko yang bocor dengan menggunakan campuran sabun dan gula merah, karena bahan tabung dan teko kira-kira sama.. Ya sama besi gitu.. Mungkin cara ini akan berhasil, kita tidak pernah tahu kalau kita tidak mencoba.. Yekaaaaaannn? 

Cara membuat bahan tambalan itu gampang sekali, pertama-tama iris tipis-tipis gula merah kira-kira 40gram, bisa lebih kalau kamu suka ngemil gula merah iris, karena itu enak banget.. Dan FYI yah.. Gula merah katanya ada dua jenis, gula merah yang terbuat dari aren dan kelapa, dan katanya lagi yang dari kelapa lebih bagus. Tapi karena ini untuk nambal tabung gas bocor, gula merah jenis apapun gak masalah. Lalu campurkan irisan gula merah tersebut dengan sabun, sebaiknya sabun colek, biar gampang gitu, dengan berbandingan 1:1 ya buk ibuk..  Artinya kalau pakai 50gram gula, campurkan dengan 50gram sabun, setelah itu aduk, remas, kocok atau terserah diapain yang penting campuran itu menyatu dan berbentu seperti pasta, lalu oleskan pasta tersebut ke permukaan tabung yang bocor. Saya sempet berpikir untuk membakar olesan tersebut, tapi karena saya berurusan dengan gas yang mudah terbakar, saya urungkan niat itu, saya gak mau ambil resiko tabungnya meledak di muka saya. Setelah semua tahapan itu, ternyata bau gas tidak tercium lagi, dan rasanya itu pertanda baik. Saya diamkan semalaman, biar adonannya “bekerja” sempurna. Setelah beberapa hari.. Haha ya beberapa hari karena sebenernya saya lupa memeriksa tabung itu.. Setelah beberapa hari saya periksa dan ternyata, TIDAK berhasil.. Ya sodara-sodara sekalian.. Cara itu tidak berhasil, pasta yang dioleskan malah mencair dan turun ke lantai.. Bagusnya gada semut.. Ya iyalah, campuran gula sama sabun.. Semut mana doyan..

Tapi saya tidak menyerah.. Menyerah adalag cara terakhir yang saya pilih. Saya terus berpikir bagaimana cara menambal tabung bocor itu, setelah beberapa lama saya kepikiran untuk memakai plester untuk luka, lalu saya balut dengan lakban.  Saya yakin cara ini akan berhasil. 

Untuk menjalankan rencana itu saya pergi ke toko kelontong yang tidak bisa saya sebutkan namanya di sini.. Pokoknya nama depan Alfa dan nama belakang mart.. Saya cari plester untuk luka di sana, dan ternyata saya menemukan plester luka anti air.. Wahh saya baru tahu ada varian anti air, itu artinya saya tidak perlu memakai lakban untuk membalut plester tersebut, karena plesternya udah pasti nutup lubang… Terimakasih hansaplas… Masalahku akan segera teratasi… 

Sesampainya di rumah, saya langsung bersihkan tabung dari sisa pasta-campuran-gula-merah-dan-sabun-yang-ternyata-tidak-membantu-sama-sekali agar plester nanti menempel dengan sempurna. Begitu saya tempelkan plester tersebut tidak lama kemudian plester tersebut mengembang seperti balon karena gas tetap keluar dari lubangnya, saya sedikit panik, takutnya malah meledak, dan buru-buru cabut, dan cara itu tidak berhasil lagi.. Sial.

Akhirnya saya jalan terakhir, yaitu kembalikan dan tukar dengan tidak bocor. Satu hal yang kita harus tahu, tekanan gas dalam tabung itu tinggi sekali, dan tabung yang bocor mungkin sudah tidak aman untuk dipakai. Jadi berhenti berpikir banyak akal dan mengingat-ngingat artikel random.. Jika tabung gas bocor, lebih baik langsung kembalikan, selain aman juga menghemat waktu, tenaga, dan pikiran…

Baiklah sampai jumpa di LifeHack selanjutnya

Advertisements

3 thoughts on “LifeHack Mengatasi Tabung LPG Yang Bocor”

Komenin Atuh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s