Pencarian Pintar

Beberapa hari ini saya disibukan dengan kerjaan yang lebih “menguras” pikiran. Biasanya saya mengerjakan pengolahan data biasa, hemm semacam, pengumpulan data, lalu mengolahnya, dan jadi sebuah laporan informasi. Tapi kali ini saya mendapatkan pekerjaan yang berbeda. Saya sedang mengembangkan semacam sistem pencarian, yang dapat mempelajari ketertarikan pengguna, yang hasil akhirnya akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan ketertarikan dari pengguna… bingung?? Oke..

Misalnya begini, jika kamu mengetik nama sebuah kota, maka hasil pencariannya adalah tujuan wisata yang ada di kota itu, setiap tujuan wisata mempunyai kategori, misalnya wisata kota, pantai, gunung, belanja, dan lainnya, katakan lah pengguna itu memilih tujuan wisata berkategori pantai, lalu dia mencari kota yang lain, dan memilih wisata pantai lagi, maka sistem akan mengindentifikasi bahwa pengguna itu menyukai pantai, maka pada pencarian-pencarian selanjutnya, hasil yang ditampilkan pertama adalah tujuan wisata pantai, baru tujuan wisata lainnya, semakin sering pengguna itu memakai sistem ini, semakin “mengenal” dia, dan itu artinya setiap pengguna akan mendapatkan hasil yang berbeda, sesuai dengan ketertarikannya. Ini seperti pencarian pada google.. hanya saja lebih kecil.. tidak secanggih google memang, tapi setidaknya lebih pintar, dari pada sistem pencarian biasa.

Ini mulai seperti skripsi.. haha.. Waktu pertama kali saya mendapat penjelasan tentang pekerjaan ini, saya teringat kepada salah satu skripsi yang saya kerjakan.. ya salah satu.. karena dulu saya pernah mendapat orderan untuk mengerjakan skripsi mahasiswa lain.. hemmm sepertinya saya pernah bercerita soal ini, di cerita yang sebelum-sebelumnya.. heu.. Skripsinya tentang bagaimana sistem menentukan pegawai mana yang bisa dipromosikan jabatannya, dinilai dari beberapa kategori yang ada dalam si pegawai itu. Sistem yang sekarang saya kembangkan mirip-mirip seperti itu, jadi algoritma dasarnya saya ambil dari situ, tapi dengan sedikit penyesuaian.

Sistem yang saya kembangkan ini, sebenernya bisa dijadikan skripsi, yaaa siapa tahu ada mahasiwa IT tingkat akhir lagi galau nyari tema skripsi, lalu baca tulisan ini, boleh kita berdiskusi, pasti banyak pengembangannya, dengan berbagai macam metode.. Ini akan menjadi menarik..

Advertisements

Komenin Atuh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s