Antara Rangga Dan Cinta.

Rangga dan Cinta,  semua orang yang pernah nonton Ada Apa Dengan Cinta (AADC), pasti tahu, dua nama ini. AADC dirilis tahun 2002, dan lanjutan dari film AADC dirilis pada tahun 2016, waktu yang cukup lama untuk film yang mempunyai lanjutan.

Ada yang bilang kalau AADC adalah film cuma tentang anak SMA macam novel teenlit yang biasa numpuk di Gramed. Ya itu bener, tanpa puisi dan lagu-lagu dari Melly Goeslaw, film itu cuma cerita teenlit biasa. Puisi dan lagunya ini yang membuat AADC  sukses. Sama seperti AADC yang pertama, AADC 2 ini juga seperti itu, jalan ceritanya akan mudah ditebak.

Ada 2 hal yang bisa dijadikan alasan kenapa harus menonton AADC 2, yang pertama kata-kata. Kata-kata di film itu menjadi kekuatan terbesar dalam film ini. Baik itu puisi, monolog, ataupun dialog-dialognya, terutama dialognya Rangga dan Cinta. Kata-kata yang disusun membuat film itu menjadi indah, puitis, dan tentu saja romantis. Yang kedua adalah aktingnya, AADC 2 ini dibuat khusus untuk Rangga dan Cinta, karena hampir di keseluruhan film, kita akan disajikan Rangga dan Cinta, artinya akting Nicolas Saputra sebagai Rangga dan Dian Sastro sebagai Cinta akan sangat menonjol. Saya menonton beberapa filmnya Nicolas, mulai dari AADC, Janji Joni, Gie, dan Ksatria Tongkat Emas, Akting Nicolas di AADC 2 ini, sangat berbeda, saya tidak melihat Joni, saya tidak Gie, apalagi Elang, bahkan Rangga yang “baru” ini, berbeda dengan Rangga yang “lama” tetapi tidak merubah watak Rangga yang lama. Begitu pula akting dari Dian Sastro, saya belum pernah nonton film Dia, selain AADC. Mahmud yang satu ini membuat film ini jauh lebih indah, apalagi arti AADC tanpa Cinta yang diperankan Dian Sastro , yang begitu dewasa tapi tetap menggemaskan. Pemandangan yang paling indah di dunia ini bukanlah gunung dan pantai, melainkan tatapan dan senyuman seorang wanita ketika sedang jatuh cinta, dan Cinta menghadirkan pemandangan itu, berkali-kali.

Selain itu film ini memberikan jawaban secara detail tentang pertanyaan yang akan muncul di benak para penonton, dan hal ini menambah alasan kenapa film ini layak tonton. Tapi sayang, lagu-lagu yang dibuat tidak seindah film yang pertama, sehingga tidak menjadikan kekuatan dalam film ini.

Akhirnya bertambah lagi film Indonesia yang berkualitas, dan tidak terkesan asal jadi. Film yang layak tonton dengan semua kelebihan dan kekurangannya, mudah-mudahan akan lebih banyak lagi film-film seperti ini.

Advertisements

7 thoughts on “Antara Rangga Dan Cinta.”

  1. suka sama quote ini
    “emandangan yang paling indah di dunia ini bukanlah gunung dan pantai, melainkan tatapan dan senyuman seorang wanita ketika sedang jatuh cinta, “

    Like

Komenin Atuh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s