Kita Adalah Orang-orang (Sok) Peduli

Pada bulan Desember tahun 2014, ada sebuah berita tragedi kecelakaan pesawat yang melibatkan perusahaan penerbangan besar. Korbannya ratusan waktu itu, sontak hampir semua orang menunjukan rasa simpatinya di media sosial dengan membuat hastah #prayforBlabla atau hastag-hastag bersimpati lainnya. Media online pun tidak kalah eksis, terus memberitakan setiap detil proses pencarian pesawat dan para korban atau wawancara dengan keluarga korban, bahkan mencari hal-hal unik dari kejadian tersebut, sepeti tanda-tanda dari keluarga dekat korban misalnya. Ramai sekali.

Pada bulan Oktober 2015, ada sebuah pesawat kecil, berpenumpang 7 orang, mengalami hal yang sama dengan pesawat dari perusahaan besar tadi di Palopo, sulawesi selatan. Tapi apa yang terjadi di masyarakat kita? Hampir tidak ada apa-apa, hanya sedikit berita yang terus menerus meng-update perkembangan pencarian, bahkan hampir tidak wawancara dengan keluarga korban. Di media sosial pun sama saja, sepi sekali dengan berita ini, hampir tidak ada hastag #prayForBlabla seperti kejadian sebelumnya. Sepi.

Kalau diingat-ingat pada sekitar bulan Mei 2015, ada seorang bocah perempuan, yang dibunuh, jasadnya dikubur tidak jauh dari rumahnya. Motif pembunuhannya harta warisan. Waktu itu ramai sekali. Sama seperti kejadian kecelakaan pesawat dari perusahaan besar. Hampir semua orang menunjukan simpatinya, hastag itu dan itu bermuculan, media-media online terus memberitakan perkembangannya, bahkan ada seorang artis sepertinya sangat peduli, sampai membuat video kecaman kepada sang pembunuh. Luar biasa.

Pada bulan yang sama dengan tragedi jatuhnya pesawat di Palopo, terjadi pembunuhan yang korbannya sama-sama gadis kecil, bahkan gadis kecil ini mengalami kekerasan seksual sebelum dibunuh, dan jasadnya dimasukan ke dalam kardus. Untuk motif dan pelakunya belum terungkap saat tulisan ini ditulis. Korbannya sama-sama gadis kecil, sama-sama dibunuh, dan sama-sama diperlakukan secara keji. Tapi sepertinya tidak terlalu menarik perhatian, di twitterpun tidak terlalu ramai, lalu artis yang membuat video kecaman itu juga tidak melakukan yang sama. Aneh.

Dari kejadian di atas, timbul pertanyaan. Apakah kita benar-benar peduli terhadap sesuatu? Atau kita hanya peduli kita terjadi dengan orang yang berada, atau melibatkan banyak orang? Atau jangan-jangan kita cuma latah, ikut-ikutan mengecam biar dibilang eksis, padahal sedikitpun kita tidak peduli? Rasanya juga kita benar-benar peduli, kita akan bereaksi sama atas semua kejadian, tidak setengah-setengah, kalau rame ikut rame, kalau sepi ya tidak peduli. kalau memang tidak peduli ya sudah, tidak perlu latah, lagian apa yang kita lakukan di media sosial itu, tidak akan terlalu berpengaruh, terhadap suatu kejadian. Atau ada yang berpendapat apa yang kita lakukan sangat berpengaruh? Itu malah lebih parah lagi, berati kita memang hanya sok eksis dan sok peduli, kita hanya peduli kepada berapa jumlah korban, dan siapa korbannya, bukan kepada kemanusiaan itu sendiri. Memalukan!

Advertisements

6 thoughts on “Kita Adalah Orang-orang (Sok) Peduli”

  1. 😥 miris banget ya, diakui atau tidak memang terkadang kita hanya latah saja.
    Kita?? Aku aja sepertinya.
    Tumben postingannya serius

    Like

  2. Kebakaran hutan juga sepertinya jadi penyebab kenapa kasus pembunuhan bocah perempuan dalan kardus itu tak sebooming pembunuhan bocah di bali itu.
    :))) issh ini komen ikutan serius

    Like

  3. Karena media seringnya nampilin berita kebakaran hutan itu, disadari atau tidak peran media di sini sangat besar lho makanya orang-orang fokusnya ke kebakaran itu makanya sebagian orang terkesan gak peduli *ngotot

    Ya gitu deh.

    Like

    1. hahhaha,,, yayaya.. bisa jadi sih, media emang berperan penting, tentang apa yang jadi bahasan publik. tapi sebetulnya dibeberapa media, ngebahas juga kok, tentang kasus ini.. kita aja yang gak ngeh..

      Like

Komenin Atuh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s