Pekerjaannya apa, Kak?

Pekerjaan, apa itu pekerjaan? Menurut definisi yang saya karang sendiri, pekerjaan adalah aktifitas yang kita lakukan yang bertujuan untuk mendapatkan uang. kalau begitu mencuri, menjambret, nodong, mencopet, dan yang sejenisnya, termasuk pekerjaan juga? Iya.. bisa jadi.. terserah kamu aja lah.

Bekerja adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah tidak mempunyai kegiatan, misalnya sarjana, iya, orang yang sudah lulus kuliah itu harus bekerja, bukan karena dia sudah menyandang gelar kesarjanaan, tapi karena dia sudah gak punya kegiatan, kan kuliahnya udah beres, mau masuk kuliah juga dosen udah gak mau ngajar dia, makanya para sarjana ini dituntut untuk bekerja, biar ada kegiatan.. dan juga seenggaknya bisa memperbaiki gizi setelah kurang lebih 4 tahun malnutrisi.

Satu pertanyaan tentang pekerjaan, pekerjaan terbaik itu seperti apa sih? Kalau menurut Joko Anwar, dalam filmnya Janji Joni. – Ada yang belum pernah nonton film ini? – Pekerjaan terbaik adalah pekerjaan yang bikin kamu menikmati ketika kamu mengerjakannya. Mungkin saya harus tambahkan selain membuat kamu menikmatinya juga bikin kamu berkembang. Untuk menikmati pekerjaan, kamu harus menyukai pekerjaanmu dulu, tapi untuk menemukan pekerjaan yang disukai emang gak mudah, steve jobs pernah bilang, sebagian besar waktu kamu, akan digunakan untuk bekerja, dan kamu harus percaya kamu melakukan sesuatu yang hebat, dan untuk melakukan sesuatu yang hebat, kamu harus mencintai pekerjaan yang kamu lakuin, jika kamu belum menemukan pekerjaan yang kamu cintai, jangan diam, terus cari, sampai hati kamu bilang, kamu mencintai pekerjaan itu.

Sebagian dari kita mungkin sudah berubah jadi zombie, pergi pagi, pulang sore, dari hari Senin sampai Jumat, melakukan sesuatu yang itu-itu saja, selama bertahun-tahun. Jika apa yang dibilang einstein benar, bahwa setiap orang adalah jenius, seharusnya semua orang bisa melakukan sesuatu yang hebat, minimal untuk diri sendiri, sesuatu yang dilakukan sungguh-sungguh, bagaimanapun hasilnya, bagaimanapun pandangan orang yang tentang hasil pekerjaannya, rasanya kita tidak perlu berkompetisi dengan orang lain, kita hanya perlu berkompetisi dengan diri sendiri, lakukan sesuatu yang lebih baik disetiap harinya, bukan begitu?? Bukaaaaannnnn….  Hanya saja sebagian orang itu tidak berani untuk berubah, tidak berani untuk keluar dari zona aman, dengan berbagai alasan, akhirnya hanya melakukan itu-itu saja.

Saya tidak sedang menasehati, hanya saja beberapa bulan belakangan rasa melihat ada seseorang yang seharusnya dia gada di tempat sekarang, seharusnya dia didorong untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. itu saja..

Advertisements

6 thoughts on “Pekerjaannya apa, Kak?”

    1. Ketika kamu mencintai sesuatu, kamu akan memiliki kecenderungan melakukan lebih, misalnya kamu suka pekerjaan bersih-bersih, kamu akan sesuatu yg “lebih”, mungkin dari alat2 yg dipakai, atau teknik membersihkan, kamu pasti akan selalu cari cara terbaik untuk membersihkan sesuatu.
      Kalo kamu bekerja itu2 saja, dan kamu gak berusaha untuk bekerja lebih, kamu gak cinta sama kerjaan itu.. Kamu cuma… Nyaman aja gtu, ngerasa aman..

      Like

      1. Hm… Setuju. Tapi ada hal lain di sekitar yang kadang menuntut kita untuk mengambil opsi lain dibandingkan tetap berada dan berkembang pada pekerjaan yang kita cintai. Contohnya, keluarga. Keliatan sepele, tapi kita semua tahu pengaruh keluarga itu bisa sangat besar. Pacar / suami / istri, bisa jadi! Eh aku kurang tahu sih itu berlaku pada orang lain juga atau gak.

        Kalau menurutku sih, pekerjaan yang dicintai memang harus ditekuni tapi tidak dijadikan dudukan yang pasti dalam mencari uang. Kenapa harus ditekuni, agar setiap hari jadi lebih baik. Kenapa tidak perlu dijadikan cambuk untuk mencari uang? Karena melakukan pekerjaan yang dicintai itu pada dasarnya untuk membahagiakan diri sendiri. Ketika dia bisa membantu untuk menyambung hidup, menurutku itu bonus yang boleh dipakai atau disimpan dan digunakan ketika diperlukan atau memang diinginkan.

        Like

        1. Iya komennya kan harus diapprove dulu, kyk friend request di fs.. Halah..

          Pada akhirnya itu sebuah pilihan, semua orang berhak menentukan dimana dia ada, apa yang dia kerjakan, untuk apa dan siapa dia bekerja.. Yang pasti, semua orang punya kesempatan untuk melakukan apa yang disukainya..

          Like

          1. Nah aku lebih setuju sama komentar mas Dika yang bagian ini, “Pada akhirnya itu sebuah pilihan, semua orang berhak menentukan dimana dia ada, apa yang dia kerjakan, untuk apa dan siapa dia bekerja.. ” Karena ada pertimbangan dalam masalah memilih. dan ini bukan berarti, kita harus melakukan pekerjaan yang kita cintai. apalagi kalau definisi kerjanya adalah cari uang.

            Like

Komenin Atuh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s