SIM (Surat Izin Mengemudi)

NO MORE CLICK “SAVE DRAFT”!!!!!!!!!!

hayahhh.. ini nulis susah amat yah… ini udah beberapa kali cm ampe judul :mrgreen:

oke jadi ceritanya saya berhasil lulus tes mengemudi untuk SIM A, heu ternyata ga terlalu sulit, ehmm lumanyan denk, yang pasti saya gagal 1 di kali pertama , tapi yang ke 2 kalinya saya berhasil dengan sukses πŸ˜€

Membuat SIM tanpa “nembak” itu perlu kesabaran penuh, karena prosesnya lamaaaaa banget, tapi dengan biaya yang jauh lebih murah, menurut UU untuk penerbitan SIM A, biayanya hanya Rp.120.000, dan Rp.100.000 untuk SIM C, untuk SIM B saya lupa brapa, yang pasti masih dibawah Rp.200.000, bandingkan dengan “nembak” SIM yang harganya Rp.350.000 jauh banget kan?

untuk yang ingin mencoba mendapatkan SIM tanpa “nembak”, kira-kira langkahnya seperti ini.. πŸ˜€

Untuk pertama kali, anda harus mempunyai KTP, iyalah kan umur minimal punya SIM itu 17 tahun, jadi klo anda belum punya KTP, mending main sepeda aja dulu yah.. jangan dulu bawa motor apalagi mobil, itu ilegal ntar klo ditangkap polisi gimana? errr.. kecuali kalo kmu ada di Indonesia denk, tinggal kasih duit aja polisinya, kamu pasti bebas. :mrgreen:

Yang kedua kamu harus punya surat keterangan sehat, sebernya sih lebih ke apakah kamu buta warna atau tidak, jangan sampai kamu gak bisa ngebedain mana warna hijau dan mana warna merah, ini sangan penting untuk menentukan kapan kamu jalan dan berhenti dilampu lalu lintas, jangan sampai kamu maju di lampu merah dan berhenti di lampu hijau, itu bahayaaa,,, pokoknya bahaya!!!!

Nah kalo dua syarat itu terpenuhi baru deh kamu dateng ke kantor polisi, minta formulirnya, gratis kok, ga kayak dulu harus bayar kalo mau ambil formulir πŸ™‚ isi biodata kamu diformulir itu, terus kamu cari tempat cap sidik jari fungsinya?? ga tau juga, pokoknya kita harus cap sidik jari ajah πŸ˜€

Setelah semua selesai kamu tinggal nunggu dipanggil untuk tes teori, disini kamu akan dites sejauh mana pengetahuan kamu dengan lalu lintas jalan, ya pertanyaan sih standar, kyk arti rambu-rambu lalu lintas, sinyal tangan pak polisi, termasuk undang-undang tentang lalu lintas #cih ini ni yang saya ga suka, kapan dikasih materinya, tau-tau ditanya soal UU, setiap keluar soal UU, saya jawab dengan dengan jurus pamungkas saya kalo lagi mentok di soal PG, yaitu ngitung kancing, dan percaya atau ga? cara itu kadang berhasil πŸ™‚ PERCAYALAH!!! PERCAYALAH!!!!!!

Ada 30 soal yang diberikan, 1 soal anda diberikan waktu 1 menit, untuk lulus anda harus mendapat nilai 60 atau menjawab 20 soal dengan benar, dan kemaren saya mendapat nilai 70 πŸ˜€ hehehe itu semua berkat ngitung kancing… PERCAYALAH!!!! PERCAYALAH!!!!!!!

Setelah lulus dari tes teori anda harus menjalani tes praktek, untuk SIM C alias SIM untuk motor anda akan dites mengedarai dengan melaju zig-zig dan melaju dengan membentuk angka 8, keliahatannya sih gampang, tapi klo dah dicoba itu SUSAH!!!! HAHAHA… #menghancurkanmentalpembaca :mrgreen:

Sedangkan untuk mobil agak lebih banyak, pertama-tama harus memakai sabuk pengaman, iya kalo anda lupa memakai sabuk pengaman, anda langsung ga lulus.. kejaaaam!!!! yang kedua anda harus berjalan lurus kearah jalan menanjak dan berhenti disana, dalam posisi menanjak, ini masih gampang, yang selanjutkan adalah anda disuruh melaju dari posisi menanjak dan tidak boleh ada gerakan mundur, itu cukup sulit apalagi dalam posisi menanjak karena klo pedal rem dilepas mobil akan mundur dan kalo itu terjadi anda GAGAL.. pokoknya anda GAGAL!!!!! πŸ˜€

Tes terakhir dari rangkaian ujian SIM A ini adalah berjalan mundur dan langsung berbelok untuk masuk ke ruang terbatas, disini anda hanya boleh mengandalkan kaca spion, karena tidak diizinkan melihat kebelakang, yap.. saya gagal disini, untuk tes yang pertama saya selalu menambrak batas, batasnya ga kelihatan dari kaca spion, jadi harus mengandalkan “Feeling” berkendara πŸ˜€ tapi dites yang kedua saya berhasil melalukannya..

Untuk SIM B, saya gatau tesnya gimana… orang itu SIM untuk nyetir truk dan bis πŸ˜€

setelah berhasil di ujian, anda harus membayar administrasi yang sudah ditentukan, dan silahkan menunggu untuk pemotretan SIM, dan taraaaaaammmmm SIM terlah terbit dan anda legal untuk membawa kendaraan πŸ˜€

Rangkaian membuat SIM itu panjang dan lamaaa,, jadi kalo anda tidak punya waktu banyak mending “nembak” ajah :evil:, tapi selalu ada rasa puas jika anda berhasil lulus dari tes mengemudi, soalnya ga banyak orang bisa lulus..

jadi selamat berjuang, saran saya sih coba dulu.. jangan langsung “nembak” ya setidaknya anda punya pengalaman dites mengemudi πŸ˜€

 

8 thoughts on “SIM (Surat Izin Mengemudi)”

  1. waktu mau bikin SIM A saya udah berencana buat nembak aja, tapi kepala saya digetok sama mas pacar.. “jangan nembak! mental korupsi tuh!” aheee…. akhirnya ikut ujian juga.. dan alhamdulillah langsung jadi πŸ˜€

    Like

  2. nandini:
    waktu mau bikin SIM A saya udah berencana buat nembak aja, tapi kepala saya digetok sama mas pacar.. β€œjangan nembak! mental korupsi tuh!” aheee…. akhirnya ikut ujian juga.. dan alhamdulillah langsung jadi

    oia? keren… hahahahaha

    Like

  3. Bikin sim A it gk smudah yg d omongin,, gw brniat murni tp akirnya nembak cm d praktek,, total byy 230rb,, jd ngrasa b.salah am nEgra. . .hahaha

    Like

  4. Komisi Pemberantas KPK:
    Bikin sim A it gk smudah yg d omongin,, gw brniat murni tp akirnya nembak cm d praktek,, total byy 230rb,, jd ngrasa b.salah am nEgra. . .hahaha

    ga mudah itu karena kamu.. udah berpikiran ga mudah.. toh saya dpt dengan cara yang jujur.. gampang sih sebernya..tinggal cari inpo kira2 soalnya apa.. trus kuasai deh mobilnya.. pasti bisa πŸ™‚

    Like

Komenin Atuh

