ReInstall GRUB2

jadi yah.. ini seharusnya ditulis diblog yang http://dieka.blogdetik.com berhubung udah males, jadi ditulis disini ajah biar klo ada apa-apa gampang sayanya.. 😀

jadi ceritanya postingan kali ini cm nitip 😀

Reinstall grub2.. klo yang suka pake linux pasti kenal deh ma kata ini, bisa dibilang ini tuh loader untuk linux, tapi saya gtw distro linux mana aja yang pke grub inih… kebetulan saya pake Ubuntu 😀 ehmm.. bukan slekwer yang katanya untuk cwok sejati gitu deh ihihh 😀

langsung aja deh.. *lagi malas nulis ceritanya*

asumsikan ubuntu ya saya pke ubuntu, ada di partisi sdb5, dan /boot ada di sdb4

boot up ubuntu dari liveCD, bukan terminal, terminal konsole yah.. bukan terminal bis atau terminal angkot…

lalu ketik

sudo -i
mount /dev/sdb5 /mnt
mount /dev/sda4 /mnt/boot  // yang ini bisa diskip klo gada partisi /boot
grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda

lalu generate grub.cfg tapi bisa juga langkah ini di skip langsung ketik “reboot” untuk restart

mount --bind /proc /mnt/proc
mount --bind /dev /mnt/dev
mount --bind /sys /mnt/sys
chroot /mnt update-grub
umount /mnt/sys
umount /mnt/dev
umount /mnt/proc

ok selesai.. terus terang bertahun-tahun pake linux baru sekarang bisa reinstall grub, karena biasanya keburu frustasi, dan melakukan fresh install 😀 heehhee

7 thoughts on “ReInstall GRUB2”

    1. iceteamaniezt: ga ngerti l-i-n-u-x, seumur² belom pernah pke linux #udik #biarinyangpentingsombong yang penting saya menyimak mastah yang sedangn bertitah..biar ngerti. :malu:    

      hehehe.,.. #sombongunite :mrgreen:

      Like

  1. waduh capcaynya susah, saya ga bisa bahasa inggehis :hammer:

    wow :matabelo: kakakak hebat.. ajarin dong, lilo sayah bermasalah nih hikshiks.. pake grub ga ngerti2

    Like

    1. hahn: waduh capcaynya susah, saya ga bisa bahasa inggehis :hammer:wow :matabelo: kakakak hebat.. ajarin dong, lilo sayah bermasalah nih hikshiks.. pake grub ga ngerti2    

      saya gtw lilo kk… ini mah pke grub., saya kan pke ubuntu.. 😀

      Like

Komenin Atuh

